Translate

Sabtu, 16 Februari 2019

BAG I SEKTE SYI'AH & CABANGNYA

BAG I
FIRQAH SESAT DAN MENYESATKAN DALAM ISLAM.
1. SEKTE RAFIDHAH (رافضة) &  CABANG-CABANGNYA

Oleh Safwatillah Al-Asyi

Faham Rafidhah sudah muncul pada masa Saidina Ali Ra masih hidup. Mereka dikenal dg sekte RAFIDHAH GHULAT  SABAIYAH, Sebagian adalah org2 yg menganggap Saidina Ali sebagai Tuhan dg mengatakan "engkau adalah Tuhan". Kemudian Saidina Ali membakar mereka, namun beliau tidak membakar pemimpin mereka Abdullah bin Saba' akan tetapi Saidina Ali membuangnya ke daerah lain. Firqah ini telah dinyatakan keluar dr islam oleh para Ulama krn firqah tersebut menyatakan saidina Ali sbg tuhan.

Kemudian setelah Saidina Ali wafat, Rafidhah semakin banyak yg kemudian lahirlah cabang2 kpd 3 bagian, yakni
1. ZAYDIYAH,
2. IMAMIYAH,
3. KAISANIYAH
Ke Tiga cabang ini saling mengkafirkan satu sama lain.

Untuk sekte Ghulat Sabaiyah (rafidhah dasar/syi'ah ortodok) sudah sepakat seluruh ulama mereka di hukumi kufur, berbeda dg zaidiyah dan imamiyah mereka tidak semua di hukumi kufur, namun secara keseluruhan mereka dinyatakan SESAT & MENYESATKAN.

Dari ke tiga cabang ini, maka lahir lagi cabangnya:
1. ZAIDIYAH, terpecah menjadi 3 kelompok:
- Jarudiyah
- Sulaimaniyah/ Jaririyah
- Butriyah

2. IMAMIYAH, terpecah menjadi 15 kelompok:
- Muhammadiyah
- Baqiriyah
- Nawawisiyah
- Syamaithiyah
- Imariyah
- Ismailiyah
- Mubarakiyah
- Mausuwiyah
- Qath'iyah
- Itsna 'Asyariyah
- Hisyamiyah
- Zarariyah
- Yunusiyah
- Syaithaniyah
- Kamiliyah

3. KAISANIYAH, terpecah menjadi 2:
Secara garis besar kolompok ini hanyalah sekte MUKHTARIYAH, namun kelompok ini berselisih faham dalam hal imam mereka, maka lahirlah dua golongan.
- mendakwa jika muhammad hanafiyah masih hidup (kekal).
- sudah meninggal dan ada penggantinya.

Maka jumlah sekte RAFIDHAH/SYI'AH sebanyak 20 sekte,

Dan Insya Allah akan kami sampaikan satu persatu tentang pokok2 pemikiran dan aqidah mereka yg bathil dg berbentuk BAG yg mungkin mencapai 22 BAG INSYA ALLAH.

semoga Allah melindungi kita dr sekte2 yg sesat dan menyesatkan ini. Amin ya rabbal alamin.


Ss adalah kitab AL-FARQU BAINAL FIRAQ



Halaman selanjutnya

Selasa, 23 Oktober 2018

I'TIQAD 7O BAG III



Sifat yg ke 5 dr sifat 20:

5. قيامه بنفسه lawannya احتياج الى محل او محدث

Masih dalam sifat salbiyah yakni qiyamuhu binafsihi.

Qiyamuhu binafsihi maknanya Allah Berdiri dg Sendirinya (dg Zat Allah sendiri).
Dalam artian Allah Ta'ala tidak membutuhkan Apapun baik tempat maupun makhluq.

Lawan dr sifat ini ialah ihtiyaju ila mahal aw muhdis, artinya Allah butuh kpd tempat atau butuh kpd makhlud (ciptaanNya sendiri).

LAGI-LAGI DG SIFAT INI MAKA TERTOLAKLAH AQIDAH MUJASSIMAH YG MENGATAKAN ALLAH BERTEMPAT DI ARASY.

DALAM HAL INI MEREKA MENJUAL NAMA SALAF, PADAHAL PARA ULAMA SALAF BERLEPAS DIRI DARI MEREKA MUJASSIMAH (MUSYABBIHAH / WAHHABIYAH).

Dalil qiyamuhu binafsih
Dalil Aqli
Jika seandainya Allah membutuhkan tempat atau membutuhkan makhluq, maka berarti Allah itu sama seperti makhluq yg membutuhkan tempat dan makhluq. Padahal Allah dg Makhluq itu berbeda.
Maka mustahil Allah membutuhkan tempat atau makhluq.

Dalil Naqli
ان الله لغنى عن العالمين
"Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (Tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam" (Al Ankabut ayat 6).


Sifat yg ke 6 dr pd sifat 20 yg wajib pada haq Allah Ta'ala

6. وحدنية  lawannya تعدد

Wahdaniyah merupakan sifat salbiah yg ke 5 yakni yg terakhir.

Wahdaniyah ialah Esa Allah Ta'ala, baik pada zat, sifat maupun perbuatanNya.

Dalam Artian Allah Ta'ala itu zatnya hanya satu, begitu pula sifat dan perbuatan Allah yg Esa, dg makna tidak ada yg sama dg zat, sifat dan perbuatan Allah Ta'ala.

Lawan dari wahdaniyah ialah ta'addud, artinya Allah ta'ala lebih dr satu, baik pada zat, sifat dan perbuatan.
Dan ini mustahil pada Allah Ta'ala.

Dalil

Dalil Aqli.
Jika seandainya Allah itu dua, maka akan terjadi perselisihan diantara mereka.
Jika merekapun sepakat, tentunya berarti mereka lemah, krn memerlukan kpd yg satu lagi. Maka mustahil Allah itu dua atau lebih.

Dalil Naqli
قل هو الله احد
"Katakanlah Hay Muhammad bahwa Allah itu Satu"
Q.s. al ikhlash ayat 1


Senin, 22 Oktober 2018

I'TIQAD 70 BAG II



Sifat Yang Wajib Pada Allah dan Yg Mustahil Serta Dalil Aqli dan Dalil Naqli

2. قدام (qidam) lawannya adalah حدث (baharu)

Qidam merupakan sifat salbiyah, yakni sifat untuk menolak hal yg tidak layak terhadap Allah Ta'ala.

qidam adalah sedia , sedia maksudnya ialah wujudnya Allah tidak mengikat karena zaman yg telah lalu, dalam artian Allah itu ada tanpa di dahului oleh tiada.

Atau lebih tepatnya makna qidam ialah
لا اول لوجود الله تعالى
Tiada permulaan bg wujudnya Allah.

Sedangkan hudus maknanya baharu, yakni dari tiada menjadi ada, dr ma'dum menjadi Maujud.

Dalilnya:

Dalil Aqli:
Allah merupakan pencipta segala makhluq, jikalau ada makhluq sebelum Allah,  maka berarti Allah itu Baharu (dr tiada menjadi ada), sedangkan baharu merupakan sifat makhluq.
 Maka mustahil Allah bersifat dg sifat baharu, krn Aplah adalah Khaliq (pencipta).

Dalil Naqli:
هو الاول والاخر والظاهر والباطن وهو بكل شيئ عليم
Dialah yg awal dan yg akhir dan yg dzahir dan yg bathin dan DiaNya Allah itu mengetahui dg tiap2 sesuatu.

3. بقاء lawannya فناء

Baqa' juga sifat salbiyah.

Baqa' artinya
لا اخر لوجود الله تعالى
Tiada akhir bg wujud Allah, dalam artian Allah itu Kekal selama-lamanya.

Sedangkan Fana' maknanya binasa, dalam artian suatu saat akan hancur/mati/hilang/Tidak kekal.

Dalilnya:

Dalil Aqli:
Jika seandainya Allah  Fana, maka Allah sama dg Makhluq yakni suatu saat akan mati, jika Allah sudah mati, maka siapa yg akan mengatur alam ini???
Oleh krn itu jika kita mengatakan Allah tidak kekal maka sangatlah mustahil, krn fana itu sifat makhluq, bukankah khaliq dan makhluq itu tidak sama?.

Dalil Naqli:
كل شيئ هالك الاوجهه
Setiap sesuatu akan hancur, kecuali DZAT ALLAH.



4. مخالفته للحوادث lawannya مماثلته للحوادث

Mukhalafah lilhawadits masih termasuk kedalam sifat salbiyah, yakni sifat untuk menolak hal yg tidak layak bagi Allah.

Makna mukhalafatuhu lil hawadits ialah, Allah tidak serupa/ tidak sama dg makhluq.
Tidak serupa dalam segala hal, baik zat, sifat dan perbuatan.

Makhluq Adalah alam, sedangkan makna Alam
 هو ما سوى الله
Yang bukan Allah Ta'ala itulah Alam.

Lawan dr sifat ini ialah mumatsalatu lil hawadis, yakni sama dg makhluq.

Maka dg sifat mukhalafah lil hawadits inilah tertolak faham MUJASSIMAH yakni faham yg menjisimkan Allah (mengatakan Allah berbentuk/bertubuh).
Dan tertolak pula cabang dr faham mujasssimah seperti JAHWIYAH yg menetapkan Arah (atas) bg Allah.
Mungkin lebih tepatnya sekarang dinamai WAHHABIYAH.

Dalam kitab HASYIYAH AD DUSUKI pada pembahasan sifat mukhalafatuhu lil hawadits halaman 83 dijelaskan:

واعلم ان من اعتقد ان الله جسم كالاجسام فهو كافر
ومن اعتقد انه جسم لا كالاجسام فهو عاص غير كافر
والاعتقاد الحق اعتقاد ان الله ليس بجسم
"KETAHUILAH, Bahwa barang siapa yg meyakini Allah itu berjisim seperti beberapa jisim, maka dia telah kafir.
Dan barang siapa yg meyakini Allah itu berjisim namun tidak seperti jisim yg lain maka dia telah bermaksiat tanpa kafir.
Dan keyakinan yg benar ialah yg meyakini Allah itu tidak berjisim".

Sedangkan masalah JAHWIYAH yakni faham yg menetapkan arah (atas) bg Allah, para ulama berbeda pendapat dalam menghukumi mereka kafir,, namun pendapat yg muktamat mereka tidak kafir.

Dalil tentang mukhalafah lil hawadits.

Dalil Aqli
Jika seandainya Allah serupa dg makhluq, sebagaimana kita tahu bahwa makhluk itu baharu, artinya suatu saat akan binasa, maka Allah juga baharu sbb Allah sama dg Makhluq.

Sedangkan Allah itu tidaklah baharu, sebab Allah itu bersifat dg sifat baqa' dan qidam, Sedangkan sifat makhluq berobah2 dan binasa.
Maka mustahil Allah sama dg makhluq.

Dalil Naqli
ليس كمثله شيء وهو السميع البصير
Allah tidak serupa dg sesuatu apapun, dan Allah itu maha mendengar lagi maha melihat.

Not:
Kaf (ك) yg terdapat dalam ayat diatas adalah kaf ziyah, kaf ziyadah disana tidak diartikan, jika diartikan akan berakibat fatal.

Jika kita artikan maka artinya SEPERTI MISILNYA ALLAH (Allah memiliki Misil).
Maka pengartian seperti ini sangatlah bathil (tertolak).



AMALAN AGAR SELAMAT IMAN KETIKA SAKARATUL MAUT

🔔 FAEDAH🔔 فائدة عن سيدى عبد الوهاب الشعرانى نفعنا الله به أن من واظب على قراءة هذين البيتين فى كل يوم جمعة توفاه الله على الإسلام م...